RESUME 3 & 4

RESUME PERTEMUAN 3

DIMENSI SISTEM INFORMASI

  1. Level Managements

  • Strategic Managements
- Eksekutif mengembangkan tujuan, startegi, kebijakan dan sasaran organisasi
                   - Bagian yang memikirkan , mau dibawa kemana suatu perusahaan tersebut .

  • Tactical Managements
                   - Bagian yang memikirkan jalan keluar
                   - Membangun rencana jangka pendek dan menengah .
   
  •  Operational Managements
                   - Pekerja yang mengerjakan yang telah diperintah dari bagian tactical

     2. Business Aplication

  • DSS  : memberikan dukungan informasi interaktif untuk manajer dan profesional bisnis selama proses pengambilan keputusan. Menggunakan Analitycal Models, specialized database dll. Mendukung semi structured
  • MIS : menghasilkan produk informasi yang mendukung kebutuhan pengambilan keputusan setiap hari oleh manajer dan profesional bisnis. Mendukung structured decisions.
  • OLAP : memungkinkan untuk manager dan analis untk meneliti dan menggabungkan dari berbagai sudut. Dilakukan secara real time
  • Data Mining : untuk memberikan dukungan keputusan bisnis melalui “knowledge discovery”
  • GIS (Geographic Information Systems) : mendukung keputusan yang berpengaruh pada distribusi geografis orang orang dan sumber daya lain

PERTEMUAN 4 .

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Sistem Informasi adalah suatu komponen organisasi yang mengolah dan mengklasifikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan .

Fungsi :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data aktivitas transaksi
  • Memproses data untuk menjadi informasi 
  • Melakukan kontrol terhadap aset organisasi
Komponen :
  • Spesialis Informasi
  • Akuntan 
Contoh Sistem Informasi :
  • Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan
  • Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut .
Contoh Aspek bisnis modern :
  • Pentingnya komunikasi antar departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan 
  • Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainnya untuk mengambil keputusan .
Sumber  Referensi : http://www.anneahira.com/artikel-umum-sistem-informasi-akuntansi.htm

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Ayuningtyas said...

Sebaiknya kamu berikan contoh penerapan/ pengambilan keputusan dari masing-masing level. Kalau yang ke-4 sepertinya kamu memang belum nyatet.

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik demi kenyamanan anda!!

Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates
Free Blogger Templates Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree CSS Templates dreamweaver